Jika urusan dapur pacu, mesin New Yamaha R25 2025 adalah generasi kedua namun seputar desain sudah generasi ketiga.Versi pertama casting pada tahun 2014 lalu dan facelift pada tahun 2019 silam.
Berdasarkan info terbaru, model R25 terbaru kini mempersembahkan konsep motor superb gaselter melakukan penyajian pada layout kota.
Desainnya menggabungkan desain flagship Yamaha YZF-R9 dan R1GYTR, sehingga sangat kental dengan nuansa motor balap tapi tetap sesuai untuk digunakan secara harian.
Desain fairing depan, posisi lampu depan LED projector di bagian tengah, lampu LED twin-eye di samping kanan-kiri, dan bodi belakang menyerupai R9 terbaru.
Fenomena utama lampu ini unik, karena bisa disetting arah sorot lampunyanya bukan hanya ke atas dan ke bawah, tapi juga ke kiri dan ke kanan.
Bentuk stoplamp kini sudah semakin mirip dengan R1, menghadap ke bawah. Untuk lampu sein, saat ini semua sudah full LED, bentuknya sekarang mirip dengan lampu MT-25.
Bangunan yig berada di depan masih menampilkan bentuk lubang M seperti Yamaha YZR-M1 di MotoGP.
Bedanya, jika di MotoGP lubang masuknya udara jadi lubang di mana kepala lampu LED berada.
Menuju ke sampingnya, garis-garis tajam sangat sesuai dengan penglihatan. Dan ketika diperhatikan dari atas, baru sadar bahwa fairing-nya memiliki dua lapisan dan di antara keduanya ada lubang besar sebagai celah pemuatan panas mesin.
Untuk fairing bagian bawah, terlihat masih sama seperti model sebelumnya.
Dengan desain aerodinamika yang disederhanakan, fairing baru ini memiliki bentuk yang lebih tipis sampai ke ujung belakang sehingga dapat meerupakan sasaran yang lebih optimal untuk mengarahkan aliran udara.
Di bagian tengah dan sandaran kepala kursi juga dibuat lebih rendah. Lebar tempat duduk berkurang 6 mm dan kaos kaki samping berkurang 13 mm.
Fase itu bisa dirasakan nyata ketika duduk di atas sorongnya, jadi semakin ramping saat dipegang oleh paha.
Dibangun dari belakang, desain bodi ala R9 yang garis-garis tegas tetap dipertahankan.
Oiya, rongga belakang ini memiliki bentuk yang sama seperti superbike Yamaha dan menariknya, bahan yang digunakannya bukan plastik biasa.
Tapi terasa keras dan kokoh seperti sebuah behel pegangan, sehingga sangatlah berguna saat menggeser di parkiran misalnya.
Begitu pula untuk desain pelek, ukuran ban hingga spesifikasi suspensi depan-belakang dan pengereman masihlah sama seperti versi sebelumnya.
Ada dua pilihan warna, biru racing yang didominasi warna biru khas Yamaha hingga ke roda mutlak.
Pada varian ini, suspensi depan dilapisi warna emas. Sedangkan warna lainnya adalah metalik hitam. Hitam ini dapat ditemukan di dekat semua bagian motor, sehingga membuat tampilannya semakin menarik!