40 Daftar Rumus Excel yang Penting dan Sering Digunakan

Diposting pada
banner 336x280


Formulasi Excel perlu Anda ketahui, jika Anda kerap melakukan perhitungan menggunakan komputer. Hal ini dapat membantu mempermudah dan mempercepat pekerjaan yang berkaitan dengan data dan angka.


Adapun Excel atau Microsoft Excel adalah salah satu perangkat lunak yang sering digunakan untuk mengatur dan menganalisis data. Salah satu bagian dari ekosistem Microsoft ini dikenal sebagai “PowerPoint adalah adalah latar belakang untuk sejarah suatu kegiatan presentasi”



spreadsheet



untuk penghitungan dan pembuatan grafik data.

banner 468x60


Beberapa kegiatan yang sering menggunakan rumus Excel antara lain membuat laporan keuangan, mencatat pengeluaran, mengorganisir data, menghitung pajak, hingga mengelola aset.


Lantas, apa saja rumus Excel yang sering penting diketahui dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari? Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.


Rumus Excel


Berikut beberapa rumus dasar Microsoft Excel yang perlu diketahui dan dikuasai agar lebih mudah menghitung data di Microsoft Excel.


  1. Pengurangan


Simbol (-) digunakan untuk mengurangi angka pilihan. Rumusnya seperti pengurangan sederhana: =A1-A2.


  1. Penjumlahan


Contoh cara membuat formula di atas.


  1. Pembagian


Simbol (/) digunakan untuk membagi angka di excel. Pilih sel yang ingin Anda bagi dan ketik rumus pembagian excel, misalnya: =A1/B1


  1. Perkalian


Tanda (*) digunakan untuk membagi angka di Excel. Ketik rumus perkalian Excel, seperti: =C1*D1.


  1. COUNT


COUNT berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang hanya berisi angka, misalnya =COUNT(A1:F1).


  1. COUNTA


COUNTA digunakan untuk menghitung semua sel yang berisi angka, huruf, atau kemungkinan ada sel kosong. Misalnya ketik rumus untuk mengetahui sel kosong = COUNTA(A1:H2).


  1. COUNTIF


Benar bahwa COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel yang memiliki kriteria sama. Jika Anda melakukan riset dengan 200 orang responden, maka Anda akan disederhanakan untuk mengetahui responden mana yang bekerja sebagai peternak. Ketik rumus =COUNTIF(B2:B201;”PETERNAK”).


  1. SUMIF


SUMIF memiliki kesamaan dengan COUNTIF. Dari contoh nomor 7, Anda menjumlahkan kriteria peternak dalam sel, maka =SUMIF(B2:B101,”PETERNAK”,B2:B201).


  1. IF


Untuk menjawab pertanyaan logika dari data tertentu, contohnya adalah pertanyaan tentang nilai mata kuliah mana yang lebih tinggi dari lima mahasiswa, maka menggunakan IF digunakan dan memiliki sintaks seperti ini: =IF(C1>D1; “BENAR”,”SALAH”).


  1. MIN


MIN berfungsi untuk mencari nilai terkecil dalam deretan sel data. Contoh, pada deretan sel A3 hingga A9, maka =MIN(A3:A9).


  1. MAX


MAX digunakan untuk mencari angka tertinggi di dalam deretan sel data. Misalnya mencari nilai tertinggi perlombaan, maka MAX(C2:C10).


  1. AVERAGE


AVERAGE berfungsi untuk menghitung nilai rata-rata pada rentang sel yang dipilih. Contohnya, menghitung rata-rata nilai tabunganmu dalam satu bulan maka adalah =AVERAGE(B2:B21).


  1. AND


Termasuk rumus logika. Jika Anda ingin mengetahui apakah isi sel A1 lebih besar dari 2 atau kurang dari 4, maka ketik ={“AND”A1>2,A1<4}. Jawaban yang benar akan muncul TRUE dan jawaban salah akan muncul FALSE.


  1. NOT


Bukan merupakan lawan dari rumus AND. Di mana Anda tidak mengetahui apakah jumlahnya lebih besar atau lebih kecil pada contoh nomor 13, maka =>NOT(A1>4).


  1. TRIM


TRIM membantu Anda merapikan data dalam satu sel. Sehingga mungkin Anda menekan tombol spasi 2 kali yang dapat menghasilkan hasil “EROR” saat menghitung atau menggunakan rumus lain, maka solusinya tuliskan “=TRIM(A1)”.


  1. OR


Di sini, dapat memakai pernyataan untuk mencari nilai perbandingan, mirip seperti rumus AND. Jika AND perlu memiliki dua kriterian untuk menemukan jawaban, maka OR cukup satu kriterian saja. Seperti contoh bil. 13, maka ketik rumus =OR(A1>2,A1<4) akan keluar jawaban FALSE atau TRUE.


  1. LEN


LEN membantu Anda menghitung jumlah karakter yang ada di dalam satu ruang seperti huruf, angka, tanda baca, dan lainnya. Ketik rumus =LEN(A1).


  1. VLOOKUP


VLOOKUP mempermudah Anda untuk mengambil data yang disusun secara vertikal. Jika Anda mengelompokkan beberapa barang berdasarkan harga barang (B3 – B9) dan ongkos kirimnya (C3 – C9), maka ketik =VLOOKUP(C2;C2:D9;2,Falsa).


  1. HLOOKUP


HLOOKUP sama dengan VLOOKUP. Hanya saja data yang dihitung secara horizontal. Contoh no. 18 akan menjadi rumus =HLOOKUP(C2;C2:D5;1,0).


  1. AREAS


AREAS digunakan untuk menghitung jumlah sel pengguna. Jika Anda menyeleksi satu jangkauan sel dari A1 sampai G9, maka rumusnya =AREAS(A1:G9).


  1. MATCH


MATCH digunakan untuk mencari data pada baris sel. Apabila Anda menulis daftar belanja dari A2 sampai A10 dan ingin menemukan kolom daftar telur, maka gunakan =MATCH(“TELUR”;A2:A10).


  1. RIGHT


RIGHT membantu Anda mengambil beberapa karakter di kanan dalam kata atau angka dari bagian sisi kanan. Hanya saja jumlah karakter yang diambil dari bagian sisi kanan, maka =RIGHT(A1:2).


  1. LEFT


LEFT seperti RIGHT membantu Anda mengambil beberapa karakter pada sisi kiri. Misalnya, jika Anda ingin mengambil 2 karakter pertama dari angka 12345 yang terletak pada sel A1, maka gunakan =LEFT(A1:2).


  1. CHOOSE


CHOOSE membantu Anda mengambil nilai dari suatu tabel data. Apakah Anda ingin mengelompokkan daftar tugas kerja di sel B2-B5? Hasilnya dapat Anda capai jika mengetikkan =CHOOSE(E2, B2, B3, B4). Cell E2 berisi nomor tugas, lalu masukkan sel B2, B3, dan B4 yang berisi nama tugas yang paling mendesak.


  1. CONCATENATE


CONCATENATE dapat memgabungkan teks kata. Jika Anda memasukkan daftar nama siswa ke file excel dan membedakan namanya dalam sel D1-E1 berdasarkan nama depan dan nama belakang, maka gabungkan dengan ketik =PERGABUNGAN(D1:E1).


  1. CEILING


Untuk membulatkan angka ke tingkat yang casting (10) lebih tinggi dari angka aslinya. Jika Anda ingin membulatkan untuk harga jual, maka pilih salur pandangan angka yang belum dibulatkan, maka =CEILING(C2;10).


  1. FLOOR


FLOOR digunakan untuk membulatkan angka kelipatan 10 ke bawah. Seperti contoh rumus CEILING, maka =FLOOR(C2:10).


  1. MONTH


Bulan berfungsi untuk mengambil data bulan dari sel pilihan. Jika sel A9 berisi 2023/01/11, maka =BULAN(A9).


  1. YEAR


Tahun sama dengan Bulan. Anda hanya perlu mengganti rumus saja, yaitu Tahun(B2).


  1. DATE


Tanggal DATE digunakan untuk menambahkan tanggal pada sel excel, maka ketik =DATE(2021,11,03).


  1. NOW


Fungsi ini digunakan untuk mengembalikan tanggal dan waktu saat ini. Contoh: =NOW()


  1. INDEX


INDEX digunakan untuk mengembalikan nilai sel pada baris dan kolom tertentu. Contoh: =INDEX(A1:C10, 5, 2)


  1. IFERROR


Untuk mengetahui apakah rumus menghasilkan kesalahan dan menghasilkan nilai khusus jika benar. Contoh: =IFERROR(A1/B1, “Error”)


  1. MID


MID dapat digunakan untuk mengekstrak beberapa karakter tertentu di tengah teks.. Contoh: =MID(A1, 2, 4)


  1. INDIRECT


Rumus ini untuk mengubah string teks menjadi referensi sel yang valid. Contoh: =INDIREK(“A1”)


  1. SUBSTITUTE


SUBSTITUTE berfungsi untuk mengganti teks tertentu dalam string teks dengan teks baru. Contoh: =SUBSTITUTE(A1, “apel”, “oranye”)


  1. RANK


RANK dapat digunakan untuk mengembalikan penempatan nomor dalam daftar urutan. Contoh: =RANK(A1, A1:A10)


  1. ROUND


Berikut adalah rumus yang digunakan untuk membulatkan angka ke jumlah desimal tertentu. Contoh: =ROUND(B7, 2)


  1. TEXT


Rumus ini digunakan untuk menukar nilai menjadi teks dalam format tertentu. Contoh: =TEKS(A1, “yyyy-mm-dd”)


  1. RAND


Fungsi Excel RAND biasa digunakan untuk mengembalikan bilangan acak antara 0 dan 1. Contoh: =RAND()


Turut berkontribusi dalam penulisan artikel ini

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *